A. PENDAHULUAN
Dalam dunia
pendidikan seringkali kita mendengar istilah “inovasi”. Sebelumnya, mari
mengetahui pengertian inovasi terlebih dahulu. Menurut Rogers, inovasi adalah
suatu ide, praktek, atau objek yang dianggap sebagai sesuatu yang baru oleh
individu atau satu unit adopsi lain, sedangkan Reigeluth berpendapat bahwa
inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam
mencapai suatu tujuan tertentu.
Untuk memahami bagaimana
sesuatu dapat dikatakan inovasi atau bukan, diadakan survei yang diberi judul
“Inovasikah? Katakan YES, NO or YES & NO”. Tujuan dari Survei ini ialah
untuk mencari keterangan dari suatu kelompok. Responden dalam
survei ini adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan (Reguler), Universitas
Negeri Jakarta angkatan tahun 2012 dan ada juga beberapa angkatan lain dalam jumlah yang sangat kecil. Survei dilakukan melalui forum group discussion online, dimana
cara ini digunakan untuk menguji responden melalui komentar grup via facebook.
Survei diawali dengan cara memposting pertanyaan yaitu :
"Apakah Forum Group Discussion DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?. Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth".
Kemudian, responden menjawab pada kotak komentar yang
tersedia. Survei hanya menggunakan responden yang sedang mengikuti mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan. Manfaat dari hasil yang diperoleh yaitu untuk mengetahui
sejauh mana sesuatu dapat diukur dan disebut sebagai inovasi.
B. HASIL SURVEI
1. Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang
menjawab serta berapa yang tidak menjawab
!
Tabel 1.1
Keterangan
|
Frekuensi
|
Menjawab
|
32
|
Tidak
Menjawab
|
9
|
Jumlah
|
41
|
Grafik Batang 1.2
2. Hitung dan tabulasi dari yang memilih
"YES", "NO", dan "YES & NO" !
Tabel 2.1
Jawaban
|
Frekuensi
|
Yes
|
4
|
No
|
8
|
Yes & No
|
20
|
Jumlah
|
32
|
Grafik Batang 2.2
3. Kategorisasi/klasifikasi serta hitung
frekuensinya. Misalnya yg memilih "YES", apa saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama.
Tabel Mahasiswa yang Memilih “YES”
Jawaban
|
Alasan
|
Frekuensi
|
Yes 1
|
- Hal yang baru dalam
mata kuliah
- Berkelanjutan, hingga
memahami materi
|
1
|
Yes 2
|
- Hal yang baru dalam
mata kuliah
- Berkelanjutan setiap
minggu dan dosen aktif
mengirim pertanyaan
|
2
|
Yes 3
|
- Hal yang baru dalam
mata kuliah
- Berkelanjutan dengan
sosial media lainnya
|
1
|
Jumlah
|
4
|
Grafik Batang Mahasiswa yang
Memilih “YES”
Tabel Mahasiswa yang Memilih “NO”
Jawaban
|
Alasan
|
Frekuensi
|
No 1
|
- Tidak baru, sama dengan
online learning lainnya
- Metode blended learning
sudah sering digunakan
|
3
|
No 2
|
- Tidak baru, sama dengan
online learning lainnya
- Tidak berkelanjutan,
hanya pada matkul DIP
|
1
|
No 3
|
- Tidak baru, sama dengan
online learning lainnya
- Hanya sebagai penunjang
dan tambahan
|
2
|
No 4
|
- Tidak baru, sama dengan
online learning lainnya
- Metode diskusi hanya
berupa posting dan
komentar
|
2
|
Jumlah
|
8
|
Grafik Batang Mahasiswa yang Memilih “NO”
Tabel Mahasiswa yang Memilih “Yes & NO”
Jawaban
|
Alasan
|
Frekuensi
|
YN 1
|
Kedua hal tersebut merupakan persepsi dari setiap
individu yang menerimanya yang dipengaruhi pengalamanya masing
|
1
|
YN 2
|
-
Facebook merupakan hal
Baru dalam matkul DIP
-
Berkelanjutan & terus
menerus
|
5
|
YN 3
|
-
Bukan hal baru lagi
-
Berkelanjutan & Terus
Menerus
|
5
|
YN 4
|
-
Hal baru menggunakan
Facebook
-
Setelah DIP tidak ada lagi
melalui FB
|
2
|
YN 5
|
-
Hal baru menggunakan
Facebook
-
Tidak menyeluruh dalam
pembelajaran
|
3
|
YN 6
|
-
Hal baru menggunakan
Facebook
-
Facebook sudah ada sejak
lalu, hanya disediakan
wadah
|
1
|
YN 7
|
-
Hal baru menggunakan
Facebook
-
Online learning sudah
digunakan sebelumnya
|
2
|
YN 8
|
-
Hal baru menggunakan
facebook untuk
matkul DIP
-
Sudah sering digunakan di
SMK
|
1
|
Jumlah
|
20
|
Berdasarkan data di atas
menunjukkan bahwa lebih dominan mahasiswa yang menjawab “Yes & No”. Namun
apabila melihat dari sisi alasannya, ada beberapa mahasiswa menjawab tidak
berdasarkan teori Rogers dan Reigeluth.
"Apakah Forum Group Discussion
DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?.
Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES &
NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth".
Menurut Rogers, inovasi adalah suatu
ide,praktek, atau objek yang dianggap sebagai sesuatu yang baru oleh individu
atau satu unit adopsi lain, sedangkan Reigeluth berpendapat, suatu proses
perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan
tertentu.
Alasan
dapat dilihat dari keterangan di bawah ini. Tulisan berwarna merah merupakan
jawaban yang tidak mengacu pada teori.
Keterangan
:
·
Dari mahasiswa yang memilih jawaban yes,
total 4 orang yang menjawab dan ada frekuensi dua orang yang memiliki jawaban
sama.
- 2 mahasiswa beranggapan sama bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno terus-menerus serta berkelanjutan dalam memposting pertanyaan di grup ini.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno berkelanjutan menggunakan grup fb hingga mahasiswa memahami materi.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno menggunakan fb sebagai online learning berkelanjutan dengan sosial media lainnya.
· Dari mahasiswa yang memilih jawaban no, total
ada 8 mahasiswa yang menjawab dan beberapa mahasiswa memiliki jawaban yang
berbeda.
- 3 mahasiswa beranggapan bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan metode blended learning sudah sering digunakan.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan tidak berkelanjutan hanya pada matkul DIP.
- 2 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan hanya sebagai penunjang dan tambahan.
- 2 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan metode diskusi hanya posting dan komentar.
· Dari mahasiswa yang memilih jawaban yes
& no, total ada 20 mahasiswa yang menjawab dan beberapa mahasiswa memiliki
jawaban yang berbeda.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa kedua hal merupakan persepsi dari setiap individu yang menerimanya yang dipengaruhi pengalamannya masing-masing.
- 5 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan berkelanjutan serta terus menerus.
- 5 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan BUKAN hal baru dalam mata kuliah DIP dan berkelanjutan serta terus menerus.
- 2 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan setelah DIP tidak ada lagi melalui fb.
- 3 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan tidak menyeluruh dalam pembelajaran.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan fb sudah ada sejak lalu hanya disediakan wadah.
- 2 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan online learning sudah sering digunakan sebelumnya.
- 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan sudah sering digunakan di SMK.
Berdasarkan alasan pada tulisan berwarna merah membuktikan bahwa responden
kurang fokus dalam menyimak soal sehingga hasil yang diperoleh menunjukkan data
di atas. Responden hanya fokus pada Apakah
Forum Group Discussion DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi
dalam mata kuliah ini?. Tidak fokus pada perintah yang menggunakan acuan
teori rogers dan reigeluth dimana sebuah inovasi memiliki syarat yang terdapat
pada teori tersebut jika ingin disebut sebagai inovasi. Responden juga tidak
fokus bahwa yang ditanyakan tersebut hanyalah khusus untuk mata kuliah DIP
bukan yang lain, sehingga ada yang menjawab NO atau YES & NO.
Apabila alasan mengacu pada pertanyaan
dan teori, seharusnya jawaban yang diperoleh ialah YES sebab “Facebook
merupakan inovasi yang digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno
terus-menerus dalam memposting pertanyaan di grup ini serta berkelanjutan menggunakan
fb untuk mata kuliah DIP selanjutnya dan mungkin bisa disertai dengan online
learning lainnya”. Mengapa demikian? Karena jawaban tersebut telah mengacu pada
perintah di dalam soal.
D. KESIMPULAN
Berdasarkan
survei di atas, Forum Group Discussion Facebook merupakan inovasi menurut
Rogers dan bukan inovasi menurut Reigeluth. Karena data menunjukkan 4 orang
(12.50%) menjawab Yes, 8 orang (25%) menjawab No, dan 20 orang (62.50%)
menjawab Yes & No. Namun, setelah diamati, ada beberapa responden yang menjawab dengan tidak mengacu pada teori dalam soal sehingga
jawaban menjadi kurang tepat.
Dan jawaban yang tepat berdasarkan
pertanyaan dan teori adalah YES karena “Facebook merupakan inovasi yang
digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno terus-menerus dalam memposting
pertanyaan di grup ini serta berkelanjutan menggunakan fb untuk mata kuliah DIP selanjutnya dan mungkin bisa disertai dengan online
learning lainnya”. Mengapa
demikian? Karena jawaban tersebut telah mengacu pada perintah di dalam soal
antara lain inovasi dalam mata kuliah DIP dan inovasi berdasarkan teori Rogers
dan Reigeluth.
E. DAFTAR PUSTAKA
- http://file.upi.edu/.../INOVASI_PENDIDIKAN/Modul_1_Konsep_Dasar_Inovasi_pendidikan.html. (diakses pada hari Kamis, 03 April 2014 pukul 12:00)
- https://m.facebook.com/groups/609115625823877?refid=18&__tn__=C (diakses pada hari Kamis, 03 April 2014 pukul 12:10)
The casino with roulette machines | Vannienailor4166 Blog
ReplyDeleteCasino roulette game is one of gri-go.com the most popular casino games in jancasino Malaysia. It offers https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ the latest games with 출장마사지 the best odds, with wooricasinos.info big payouts and easy