Monday, April 7, 2014

Inovasikah? Katakan YES, NO or YES & NO



A. PENDAHULUAN

                         Dalam dunia pendidikan seringkali kita mendengar istilah “inovasi”. Sebelumnya, mari mengetahui pengertian inovasi terlebih dahulu. Menurut Rogers, inovasi adalah suatu ide, praktek, atau objek yang dianggap sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau satu unit adopsi lain, sedangkan Reigeluth berpendapat bahwa inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu. 

                      Untuk memahami bagaimana sesuatu dapat dikatakan inovasi atau bukan, diadakan survei yang diberi judul “Inovasikah? Katakan YES, NO or YES & NO”. Tujuan dari Survei ini ialah untuk mencari keterangan dari suatu kelompok. Responden dalam survei ini adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan (Reguler), Universitas Negeri Jakarta angkatan tahun 2012 dan ada juga beberapa angkatan lain dalam jumlah yang sangat kecil. Survei dilakukan melalui forum group discussion online, dimana cara ini digunakan untuk menguji responden melalui komentar grup via facebook. Survei diawali dengan cara memposting pertanyaan yaitu : 

"Apakah Forum Group Discussion DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?. Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth".

                     Kemudian, responden menjawab pada kotak komentar yang tersedia. Survei hanya menggunakan responden yang sedang mengikuti mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan. Manfaat dari hasil yang diperoleh yaitu untuk mengetahui sejauh mana sesuatu dapat diukur dan disebut sebagai inovasi.

B. HASIL SURVEI

1.    Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang menjawab serta berapa yang tidak       menjawab !
Tabel 1.1
Keterangan
Frekuensi
Menjawab
32
Tidak Menjawab
9
Jumlah
41

Grafik Batang 1.2
      


      

2.    Hitung dan tabulasi dari yang memilih "YES", "NO", dan "YES & NO" !
Tabel 2.1
Jawaban
Frekuensi
Yes
4
No
8
Yes & No
20
Jumlah
32

Grafik Batang 2.2
     
      
3.    Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekuensinya. Misalnya yg memilih "YES", apa saja alasan,      dan hitung yang alasan yang sama.

Tabel Mahasiswa yang Memilih “YES”
Jawaban
Alasan
Frekuensi
Yes 1
- Hal yang baru dalam
  mata kuliah
- Berkelanjutan, hingga
  memahami materi
1
Yes 2
- Hal yang baru dalam
  mata kuliah
- Berkelanjutan setiap
  minggu dan dosen aktif
  mengirim pertanyaan
2
Yes 3
- Hal yang baru dalam
  mata kuliah
- Berkelanjutan dengan
  sosial media lainnya
1
Jumlah
4

Grafik Batang Mahasiswa yang Memilih “YES”
     


      
Tabel Mahasiswa yang Memilih “NO”
Jawaban
Alasan
Frekuensi
No 1
- Tidak baru, sama dengan
   online learning lainnya
- Metode blended learning
  sudah sering digunakan
3
No 2
- Tidak baru, sama dengan
   online learning lainnya
- Tidak berkelanjutan,
  hanya pada matkul DIP
1
No 3
- Tidak baru, sama dengan
   online learning lainnya
- Hanya sebagai penunjang
  dan tambahan

2
No 4
- Tidak baru, sama dengan
   online learning lainnya
- Metode diskusi hanya
  berupa posting dan
  komentar
2
Jumlah
8


Grafik Batang Mahasiswa yang Memilih “NO”

       
                                                                                          

        






Tabel Mahasiswa yang Memilih “Yes & NO”
Jawaban
Alasan
Frekuensi
YN 1
Kedua hal tersebut merupakan persepsi dari setiap individu yang menerimanya yang dipengaruhi pengalamanya masing
1
YN 2
- Facebook merupakan hal
  Baru dalam matkul DIP
- Berkelanjutan & terus
  menerus
5
YN 3
- Bukan hal baru lagi
- Berkelanjutan & Terus
  Menerus
5
YN 4
- Hal baru menggunakan
  Facebook
- Setelah DIP tidak ada lagi
  melalui FB
2
YN 5
- Hal baru menggunakan
  Facebook
- Tidak menyeluruh dalam
  pembelajaran
3
YN 6
- Hal baru menggunakan
  Facebook
- Facebook sudah ada sejak
  lalu, hanya disediakan
  wadah
1
YN 7
- Hal baru menggunakan
  Facebook
- Online learning sudah
  digunakan sebelumnya
2
YN 8
- Hal baru menggunakan
  facebook untuk
  matkul DIP
- Sudah sering digunakan di
  SMK
1
Jumlah
20



Grafik Batang Mahasiswa yang Memilih “Yes & NO”






C. PEMBAHASAN

                   Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa lebih dominan mahasiswa yang menjawab “Yes & No”. Namun apabila melihat dari sisi alasannya, ada beberapa mahasiswa menjawab tidak berdasarkan teori Rogers dan Reigeluth.

"Apakah Forum Group Discussion DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?. Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth".

Menurut Rogers, inovasi adalah suatu ide,praktek, atau objek yang dianggap sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau satu unit adopsi lain, sedangkan Reigeluth berpendapat, suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Alasan dapat dilihat dari keterangan di bawah ini. Tulisan berwarna merah merupakan jawaban yang tidak mengacu pada teori.

Keterangan :
·        
     Dari mahasiswa yang memilih jawaban yes, total 4 orang yang menjawab dan ada frekuensi dua orang yang memiliki jawaban sama.  

  • 2 mahasiswa beranggapan sama bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno terus-menerus serta berkelanjutan dalam memposting pertanyaan di grup ini.  
  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno berkelanjutan menggunakan grup fb hingga mahasiswa memahami materi.
  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal yang baru digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno menggunakan fb sebagai online learning berkelanjutan dengan sosial media lainnya.

·        Dari mahasiswa yang memilih jawaban no, total ada 8 mahasiswa yang menjawab dan beberapa mahasiswa memiliki jawaban yang berbeda.

  • 3 mahasiswa beranggapan bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan metode blended learning sudah sering digunakan.
  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan tidak berkelanjutan hanya pada matkul DIP.
  • 2 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan hanya sebagai penunjang dan tambahan.
  • 2 mahasiswa beranggapan bahwa bahwa fb bukanlah hal yang baru, sama dengan online learning lainnya, dan metode diskusi hanya posting dan komentar.

·     Dari mahasiswa yang memilih jawaban yes & no, total ada 20 mahasiswa yang menjawab dan beberapa mahasiswa memiliki jawaban yang berbeda.

  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa kedua hal merupakan persepsi dari setiap individu yang menerimanya yang dipengaruhi pengalamannya masing-masing.
  • 5 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan berkelanjutan serta terus menerus.
  • 5 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan BUKAN hal baru dalam mata kuliah DIP dan berkelanjutan serta terus menerus.
  • 2 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan setelah DIP tidak ada lagi melalui fb.
  • 3 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan tidak menyeluruh dalam pembelajaran.
  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan fb sudah ada sejak lalu hanya disediakan wadah.
  • 2 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan online learning sudah sering digunakan sebelumnya.
  • 1 mahasiswa beranggapan bahwa facebook merupakan hal baru dalam mata kuliah DIP dan sudah sering digunakan di SMK.

                   Berdasarkan alasan pada tulisan berwarna merah membuktikan bahwa responden kurang fokus dalam menyimak soal sehingga hasil yang diperoleh menunjukkan data di atas. Responden hanya fokus pada Apakah Forum Group Discussion DIP (Difusi Inovasi Pendidikan) ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?. Tidak fokus pada perintah yang menggunakan acuan teori rogers dan reigeluth dimana sebuah inovasi memiliki syarat yang terdapat pada teori tersebut jika ingin disebut sebagai inovasi. Responden juga tidak fokus bahwa yang ditanyakan tersebut hanyalah khusus untuk mata kuliah DIP bukan yang lain, sehingga ada yang menjawab NO atau YES & NO.
                   Apabila alasan mengacu pada pertanyaan dan teori, seharusnya jawaban yang diperoleh ialah YES sebab “Facebook merupakan inovasi yang digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno terus-menerus dalam memposting pertanyaan di grup ini serta berkelanjutan menggunakan fb untuk mata kuliah DIP selanjutnya dan mungkin bisa disertai dengan online learning lainnya”. Mengapa demikian? Karena jawaban tersebut telah mengacu pada perintah di dalam soal.

D. KESIMPULAN

               Berdasarkan survei di atas, Forum Group Discussion Facebook merupakan inovasi menurut Rogers dan bukan inovasi menurut Reigeluth. Karena data menunjukkan 4 orang (12.50%) menjawab Yes, 8 orang (25%) menjawab No, dan 20 orang (62.50%) menjawab Yes & No. Namun, setelah diamati, ada beberapa responden yang menjawab dengan tidak mengacu pada teori dalam soal sehingga jawaban menjadi kurang tepat.
                   Dan jawaban yang tepat berdasarkan pertanyaan dan teori adalah YES karena “Facebook merupakan inovasi yang digunakan dalam mata kuliah ini, dan bu Retno terus-menerus dalam memposting pertanyaan di grup ini serta berkelanjutan menggunakan fb untuk mata kuliah DIP selanjutnya dan mungkin bisa disertai dengan online learning lainnya”. Mengapa demikian? Karena jawaban tersebut telah mengacu pada perintah di dalam soal antara lain inovasi dalam mata kuliah DIP dan inovasi berdasarkan teori Rogers dan Reigeluth.


E. DAFTAR PUSTAKA




                                                                                                                                          

1 comment:

  1. The casino with roulette machines | Vannienailor4166 Blog
    Casino roulette game is one of gri-go.com the most popular casino games in jancasino Malaysia. It offers https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ the latest games with 출장마사지 the best odds, with wooricasinos.info big payouts and easy

    ReplyDelete