Thursday, November 29, 2012

Macam-macam Pendidik


1. PENGERTIAN PENDIDIK
Artidasar :orang yang mendidik.
Pendidikialahsemua orang yang memilikitanggungjawabuntukmendidik, termasuk di dalamnya orang tua di rumahdanpara guru di sekolah.

2. FUNGSI PENDIDIK
            Menurut Ki HadjarDewantara, fungsipendidikantara lain[1] :
1.      Menjadicontoh/teladan
2.      Menjadipenggerakbilaberada di tengah-tengah
3.      Mengikutisambilmengawasidaribelakang

Seorangpendidikharusmemilikikewibawaan.Kewibawaanadalah factor diri yang dapatmenimbulkan rasa segandanpercayasehinggasiswapatuhmengikutianjuran guru karenaadanya rasa hormatdanperasaansenang.

3. MACAM-MACAM PENDIDIK
Dalamhalinikitadapatmembedakanpendidikitumenjadi 2 kategori, yaitu :
1. Pendidikmenurutkodrati, yaitu orang tuaPendidik yang bersifatkodratisebagai orang tua, wajibpertama kali memberikandidikankepadaanaknya. Selainasuhan, kasihsayang, perhatiandansebagainya.Orang tuaadalahpendidikpertamadanutama.
2. Pendidikmenurutjabatan, yaitu guru, dosen. Pendidikanmenurutjabatanadalah guru sebagaipendidik yang menerimatanggungjawabdaritigapihak, yaitu orang tua, masyarakatdannegara. Tanggungjawab orang tuaditerima guru ataskepercayaan yang mampumemberikanpendidikandanpengajaransertadiharapkan pula daripribadi guru yang dapatmemancarkansikap-sikap yang normatifbaik, sebagaikelanjutandarisikap orang tuapadaumumnya.
Denganmelakukankeduahaldiatas, makatujuanpendidikanmenjadikanmanusia yang berakhlakbisadiwujudkan.Guru sebagipengontrol, pembimbingdanpendidikbagipesertadidik.Pendidikan yang di berikan guru bukanhanyamenyangkutmateriataupengetahuansajatetapijugatingkahlaku, akhlaksertakepribadian.Karenasekolahmerupakanrumahkeduabagipesertadidikdansebagianbesardariwaktudihabiskan di sekolahbersamateman-temanserta guru.Pendidikmemberikanpengetahuan yang belumdiketahuipesertadidik, meluruskanataumemperbaikikesalahanpesertadidiksertamembimbingpengetahuan yang dimilikipesertadidik agar menjadilebihcermatlagi.

4. TUGAS PENDIDIK
Menurut Abu Ahmadi&NurUhbayati (2007:242) tugaspendidikitudapatdikelompokkandalamtigahal, yaitu:
 1. Tugas educational ( pendidikan) Dalamtugas educational ini, pendidikmempunyaitugasmemberibimbingan yang lebihmengarahkanpadapembentukan “kepribadian” pesertadidik. Sehinggapesertadidikakanmenjadimanusia yang mempunyaisopansantuntinggi, mengenalkesusilaan, dapatmenghargaipendapat orang lain, dan lain sebagainya.
2. Tugas instructional ( pengajaran ) Dalamhalini, kewajibanpendidik di titikberatkanpadaperkembangankecerdasandandayainteletualpesertadidik.
3. Tugas managerial ( pelaksanaan ) Dalamtugasini, pendidikberkewajibanmengelolakehidupanlembaganyadanpengelolaanitumeliputi:
a. Personal atauanakdidik, yang lebiheratkaitaannyadenganpembentukankepribadiananakdidik,
b. Material atausarana, yang meliputialat-alat, perlengkapan media pendidikanlainnya yang mendukungtercapainyatujuanpendidikan,
c. Operasionalatautindakan yang dilakukan, yang menyangkutmetodemengajar, pelaksanaanmengajar, sehinggadapatterciptanyakondisi yang seoptimalmungkinbagiterlaksanya proses belajarmengajardanakanmemberikanhasil yang maksimalbagipesertadidik.



[1]Modul Pengantar Ilmu Pendidikan, Dra. Sri Martini Meilanie, M.Pd, program mata kuliah dasar kependidikan (MKDK) Fakultas Ilmu Pendidikan

No comments:

Post a Comment