1. PENGERTIAN PENDIDIK
Artidasar :orang yang mendidik.
Pendidikialahsemua orang yang memilikitanggungjawabuntukmendidik,
termasuk di dalamnya orang tua di rumahdanpara guru di sekolah.
2. FUNGSI PENDIDIK
Menurut Ki HadjarDewantara, fungsipendidikantara lain[1]
:
1.
Menjadicontoh/teladan
2.
Menjadipenggerakbilaberada di
tengah-tengah
3.
Mengikutisambilmengawasidaribelakang
Seorangpendidikharusmemilikikewibawaan.Kewibawaanadalah
factor diri yang dapatmenimbulkan rasa
segandanpercayasehinggasiswapatuhmengikutianjuran guru karenaadanya rasa
hormatdanperasaansenang.
3. MACAM-MACAM PENDIDIK
Dalamhalinikitadapatmembedakanpendidikitumenjadi 2 kategori, yaitu :
1. Pendidikmenurutkodrati,
yaitu orang tuaPendidik yang bersifatkodratisebagai orang tua, wajibpertama
kali memberikandidikankepadaanaknya. Selainasuhan, kasihsayang,
perhatiandansebagainya.Orang tuaadalahpendidikpertamadanutama.
2. Pendidikmenurutjabatan,
yaitu guru, dosen. Pendidikanmenurutjabatanadalah guru sebagaipendidik yang
menerimatanggungjawabdaritigapihak, yaitu orang tua, masyarakatdannegara.
Tanggungjawab orang tuaditerima guru ataskepercayaan yang
mampumemberikanpendidikandanpengajaransertadiharapkan pula daripribadi guru
yang dapatmemancarkansikap-sikap yang normatifbaik, sebagaikelanjutandarisikap
orang tuapadaumumnya.
Denganmelakukankeduahaldiatas,
makatujuanpendidikanmenjadikanmanusia yang berakhlakbisadiwujudkan.Guru
sebagipengontrol, pembimbingdanpendidikbagipesertadidik.Pendidikan yang di
berikan guru bukanhanyamenyangkutmateriataupengetahuansajatetapijugatingkahlaku,
akhlaksertakepribadian.Karenasekolahmerupakanrumahkeduabagipesertadidikdansebagianbesardariwaktudihabiskan
di sekolahbersamateman-temanserta guru.Pendidikmemberikanpengetahuan yang
belumdiketahuipesertadidik, meluruskanataumemperbaikikesalahanpesertadidiksertamembimbingpengetahuan
yang dimilikipesertadidik agar menjadilebihcermatlagi.
4. TUGAS PENDIDIK
Menurut Abu Ahmadi&NurUhbayati (2007:242)
tugaspendidikitudapatdikelompokkandalamtigahal, yaitu:
1. Tugas educational (
pendidikan) Dalamtugas educational ini, pendidikmempunyaitugasmemberibimbingan
yang lebihmengarahkanpadapembentukan “kepribadian” pesertadidik.
Sehinggapesertadidikakanmenjadimanusia yang mempunyaisopansantuntinggi,
mengenalkesusilaan, dapatmenghargaipendapat orang lain, dan lain sebagainya.
2. Tugas instructional ( pengajaran ) Dalamhalini, kewajibanpendidik
di titikberatkanpadaperkembangankecerdasandandayainteletualpesertadidik.
3. Tugas managerial ( pelaksanaan ) Dalamtugasini,
pendidikberkewajibanmengelolakehidupanlembaganyadanpengelolaanitumeliputi:
a. Personal atauanakdidik, yang
lebiheratkaitaannyadenganpembentukankepribadiananakdidik,
b. Material atausarana, yang meliputialat-alat,
perlengkapan media pendidikanlainnya yang mendukungtercapainyatujuanpendidikan,
c. Operasionalatautindakan yang dilakukan, yang
menyangkutmetodemengajar, pelaksanaanmengajar, sehinggadapatterciptanyakondisi
yang seoptimalmungkinbagiterlaksanya proses
belajarmengajardanakanmemberikanhasil yang maksimalbagipesertadidik.
[1]Modul Pengantar Ilmu Pendidikan,
Dra. Sri Martini Meilanie, M.Pd, program mata kuliah dasar kependidikan (MKDK)
Fakultas Ilmu Pendidikan
No comments:
Post a Comment